Kamis, 11 September 2008

KALSIUM DAN KEHIDUPAN


Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Salah satunya fungsinya adalah membentuk tulang dan menjaganya agar tetap kuat. Tetapi ingat fungsi kalsium bukan hanya untuk tulang. Sembilan puluh sembilan persen (99%) kalsium berada di tulang atau gigi. Sedang 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan.




Untuk mengganti kalsium (1%) yang terpakai dalam darah, kita harus memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalsium dari makanan. Jika kalsium dari makanan tidak cukup maka tubuh kita (darah) secara otomatis akan mencuri kalsium dari tulang. Dan jika ini terjadi terus menerus, maka kandungan kalsium (idealnya 99%) dalam tulang akan berkurang terus sehingga mengakibatkan tulang keropos (osteoporosis), dan LEBIH DARI 200 PENYAKIT BERHUBUNGAN DENGAN KEKURANGAN KALSIUM.

FUNGSI 1% KALSIUM DALAM TUBUH

Tahukah Anda apa yang membuat jantung berdetak? KALSIUM. Ketika jantung mengerut dan mengembang, ion kalsium mengatur ritmenya. Mineral kalsium masuk ke dalam sel otot jantung, dan akan mengaktifkan protein yang menyebabkan gerakan dari otot jantung, dan membuat otot dan mengembang terus menerus dan membuat kita tetap hidup. Kekurangan kalsium akan lemahkan otot jantung dan sebabkan berbagai penyakit jantung.


KALSIUM, IBU HAMIL DAN PERTUMBUHAN BAYI DAN ANAK


Bayi atau anak yang kekurangan kalsium akan terhambat pertumbuhannya, daya tahan tubuhnya lemah bahkan mempengaruhi kecerdasannya. Karena itu ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan kalsium karena banyak kalsium dari tubuhnya yang diambil untuk bayi.



KALSIUM, GAIRAH SEKSUAL, KESUBURAN, DSB.

Tahukah Anda ternyata komponen kalsium berada di ujung depan sperma, dan kalsium inilah yang membantu sperma masuk ke dalam membran sel telur. Ketika sperma mencapai sel ovum, maka pembuahan akan segera terjadi. Selanjutnya kalsium juga berperan untuk menciptakan getaran kalsium yang merangsang ovum untuk mampu terjadiya pembuahan (fertilisasi).




KALSIUM, REMATIK, KRAM, SAKIT OTOT, SAKIT PINGGANG, DSB.

Stimulasi gerak otot kerangka digerakkan oleh ion kalsium, begitu juga pemadatan dan peregangan otot kerangka. Kalsium membantu semua pergerakan tubuh. Kepadatan kalsium merupakan standar dasar yang mengatur kontraksi otot untuk meregang dan bergerak. Kekurangan kalsium akan mengakibatkan gangguan otot seperti rematik, pinggang, kram, dsb.


KALSIUM DAN DIABETES

Melalui urin, selain gula, sejumlah kalsium juga dibuang. Kekurangan kalsium memperkuat gejala diabetes, karenanya 60% penderita diabetes menderita osteoporosis. Penderita diabetes memperhatikan penyediaan kalsium untuk mengembalikan kembali fungsi vital organnya, terutama pankreas.

KALSIUM DAN PENYAKIT BERHUBUNGAN DENGAN SYARAF

Kalsium berperanan penting untuk proses pelepasan neurotransmitter dan sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan dan mengistirahatkan pesan otak. Ketika tubuh kekurangan kalsium, pelepasan syaraf pesan akan terhambat dan mekanisme pengaktifan atau pengistirahatan juga akan rusak. Sebagai akaibatnya adalah kurang tidur nyenyak, gelisah, insomnia, hiperaktif, pikun, dsb.


KALSIUM DAN SISTEM PERTAHAN TUBUH SECARA MAKSIMAL

Ion kalsiumlah yang pertama kali memberikan tanda bahaya ketika kuman asing, virus, racun atau serangan penyakit masuk dalam tubuh dan memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk beraksi dan menaklukkan musuh dengan mengubah bentuk dan menghancurkannnya. Ketika orang kekurangan kalsium, sistem kekebalan akan kacau.

KALSIUM DAN DARAH TINGGI, PENYEMPITAN DARAH, DSB.

Kekurangan kalsium bisa memicu tekanan darah tinggi dan penyempitan pembuluh darah. Ketika kalsium dalam darah berkurang, tubuh mengambil kalsium dalam tulang masuk ke darah. Peleburan kalsium dari tulang bisa mengakibatkan kalsium yang terlepas menagkap lemak di pembuluh darah sehingga pembuluh jadi menebal dan keras, sehingga kekurangan elastisitas menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, dan penyakit pembuluh darah jantung dan otak.

Tahukah Anda?
Keasaman (cairan tubuh terlalu asam) adalah indikasi utama penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium. Ilmuwan menemukan bahwa cairan tubuh orang yang sehat adalah basa dan memiliki ph tinggi, sedangkan cairan tubuh orang sakit adalah asam dan mempunyai ph rendah.



KEBUTUHAN 1% KALSIUM

Berapa banyak kalsium yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan 1% kalsium yang bersirkulasi dalam darah, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit?

Umur Kebutuhan Harian

0 – 6 bulan 210 mg/hari
6 – 12 bulan 270 mg/hari
1 – 3 tahun 500 mg/hari
4 – 8 tahun 800 mg/hari
9 – 18 tahun 1.300 mg/hari
Dewasa 19 – 50 tahun 1.000 mg/hari
Dewasa 51+ tahun 1.200 mg/hari

Apakah pola makan kita bisa memberikan cukup kalsium 1% bagi tubuh?
Riset menunjukkan bahwa rata-rata orang di Amerika (sekalipun mereka budaya minum susu dan makan keju) masih kurang dalam memenuhi kebutuhan kalsium. Apalagi orang Indonesia yang hanya memenuhi 300 mg kalsium/hari.


Mengapa demikian? Apa yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari? Kenapa sekalipun kita mengonsumsi susu dan keju serta makanan berkadar kalsium, masih belum mencukupi?

Berdasarkan riset, kita akan dapat memenuhi kebutuhan kalsium kita (1000 mg) sehari-hari jika mengonsumsi makanan diantaranya:

2 gallon susu, atau
11,5 kg bayam dan 8,5 kg brokoli, atau
11,5 kg kubis, atau
13 kg daging sapi, atau
5 kg daging kambing, atau
7 kg daging ayam, atau
8 kg nasi

SANGGUP …????

Jika pemenuhan kebutuhan kalsium dari makanan/minuman begitu besar volumenya dan mahal harganya, maka ada cara lain yang lebih sederhana yaitu dari:
SUPLEMEN KALSIUM.
Tetapi tidak sembarang suplemen kalsium baik untuk tubuh kita jika salah pilih bisa jadi justru bisa menimbulkan masalah baru. Karena itu pilihlah suplemen kalsium yang ALAMI DAN MUDAH DISERAP TUBUH.


(Sumber: Spesifikasi, Manfaat dan Kesaksian Tianshi; by ISA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar